Walikota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution SH tandatangani prasasti peresmian program KOTAKU dari Kementerian PUPR (foto: Dok. Istimewa)

WARTAMANDAILING.COM, Padangsidimpuan – Walikota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution SH resmikan program KOTAKU dari Kementerian PUPR yang tersebar di 15 titik se Kota Padangsidimpuan anggaran tahun 2019, Kamis (5/3/2020).

Irsan mengatakan dalam pidatonya, ke 15 titik tersebut di Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara, seperti di Labuhan Rasoki, Goti, Salambue, Pal-IV PK, Sihitang, dan Pijorkoling, kemudian di Kecamatan Padangsidimpuan Selatan WEK VI, Sidangkal.

“Untuk di Kecamatan Padangsidimpuan Utara ada di Timbangan, dan di Bincar, serta Kelurahan Kantin. Di Padangsidimpuan Batunadua ada di Kelurahan Batunadua Jae, Rimba Soping ada di Kecamatan Padangsidimpuan Angkola Julu, Hutaimbaru dan Lubuk Raya ada di Kecamatan Padangsidimpuan Hutaimbaru,” ungkapnya.

Ia juga mengatakan program Kotaku ini pada dasarnya bertujuan umum program peningkatkan akses terhadap infrastruktur dan pelayanan dasar di permukiman kumuh perkotaan untuk mendukung perwujudan permukiman perkotaan yang layak huni, produktif, dan berkelanjutan.

Dalam tujuan umum tersebut terkandung dua maksud program dalam meningkatkan infrastruktur di daerah perkotaan dan ini harus disambut dengan baik mengingat ini adalah anggaran dari nasional.

Koordinator Kotaku Zulhan, menjelaskan Untuk Kegiatan Seluruhnya mencakup :

  • Jalan Paving Blok, Jalan Beton
  • Drainase Lingkungan, Saluran terbuka dan tertutup
  • Septictank Komunal
  • Sarana Air Bersih (Perpipaan, Penangkap Mata Air, Hidran, Sumur Bor)
  • MCK
  • TPS (Tempat Pembuangan Sampah)
  • Jembatan (Akses jalan)
  • Ruang Terbuka Publik (Kegiatan ini include di salah satu kegiatan diatas)

Zulhan juga mengucapkan terimakasih yang sebesar – besarnya kepada Pemko Padangsidimpuan karena selama ini mendapat support dalam menjalankan program – program KOTAKU sehingga dapat mencapai target dan memenuhi kebutuhan masyarakat Kota Padangsidimpuan.(Iwan SD)