WARTAMANDAILING.COM, Padangsidimpuan – Pemerintah Kota Padangsidimpuan ikuti Upacara peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2020 melalui siaran langsung di TVRI , hal ini berbeda dibandingkan tahun – tahun sebelumnya karena berlangsung di tengah wabah Virus Corona (Covid-19).

Kegiatan dihadiri oleh Walikota Padangsidimpuan, Irsan Efendi Nasution, SH., Wakil Walikota Padangsidimpuan, Ir. H. Arwin Siregar, MM., Para Camat, Dan Kepala OPD di Aula Kantor Walikota Padangsidimpuan. Senin, (01/06/2020).

Upacara diawali lagu Indonesia Raya dan pembacaan Pancasila oleh Ketua MPR Bambang Soesatyo dan Naskah UUD 1945 oleh Ketua DPR Puan Maharani.

Dalam pidatonya, Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo menyampaikan, peringatan Hari Lahir Pancasila ditengah pandemi Covid -19 ini menguji daya juang sebagai bangsa, menguji pengorbanan, kedisiplinan, kepatuhan dan ketenangan dalam mengambil kebijakan yang cepat dan tepat.

“Dalam menghadapi semua ujian tersebut, kita bersyukur bahwa pancasila tetap menjadi bintang penjuru untuk menggerakkan kita semuanya, menggerakkan persatuan kita dalam mengatasi segala tantangan, menggerakkan rasa kepedulian kita, untuk saling berbagi,” ucap Presiden.

Jokowi melanjutkan, nilai – nilai luhur Pancasila harus kita hadirkan secara nyata dalam kehidupan kita, menjadi nilai yang hidup dan bekerja dalam kehidupan, nilai yang bekerja dalam kebijakan dan keputusan pemerintah, nilai yang terus hidup dan bergelora dalam semangat rakyat Indonesia,” tambahnya.

Untuk diketahui, tanggal 1Juni resmi ditetapkan sebagai hari libur nasional yakni peringatan lahirnya Pancasila melalui Keputusan Presiden Nomor 24 Tahun 2016.(r/irpan)