Vaksinasi Massal Covid-19 di Kota Padangsidimpuan

Forkompinda Kota Padangsidimpuan saat menghadiri Vaksinasi Massal Covid-19 di Gedung Yayasan Perguruan Sari Putra (foto: Istimewa)

WARTAMANDAILING.COM, Padangsidimpuan – Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan (TGPP) Covid-19 Kota Padangsidimpuan menggelar vaksinasi massal covid-19 di Gedung Yayasan Perguruan Sari Putra, Kelurahan Sadabuan, Kecamatan Padangsidimpuan Utara, Kota Padangsidimpuan, Selasa (25/5/2021).

Kegiatan vaksinasi yang menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes) itu dimulai sejak pukul 08.30 WIB hingga sore yang dibagi menjadi empat sesi yang diikuti berbagai kalangan yakni para lanjut usia (lansia) dari enam kecamatan, tokoh agama, pelaku usaha dan kalangan umum serta para tenaga pengajar SD/SMP di Padangsidimpuan dengan sasaran 1.006 peserta.

Ketua Panita Vaksinasi Massal Covid-19 Kota Padangsidimpuan, Sofian Sobri Lubis dalam laporannya mengatakan, tujuan pelaksanaan kegiatan vaksinasi massal adalah untuk mendukung kebijakan pemerintah dalam menekan laju penyebaran covid-19 di Kota Padangsidimpuan dan pemenuhan target vaksinasi bagi masyarakat Kota Padangsidimpuan.

“Jenis vaksin yang digunakan adalah vaksin Sinovac yang dilakukan tim pelaksana dari 13 fasilitas pelayanan kesehatan yang terdiri dari 10 puskesmas yang ada di Kota Padangsidimpuan dan dibantu rumah sakit TNI AD, klinik Polres Kota Padangsidimpuan serta dari RSUD Padangsidimpuan dengan total 52 orang tenaga kesehatan,” papar Sofian yang juga Kepala Dinas Kesehatan Kota Padangsidimpuan itu.

Selanjutnya, Walikota Padangsidimpuan, Irsan Efendi Nasution, SH dalam sambutannya mengatakan, pelaksanaan vaksinasi massal yang digelar, selain merupakan upaya pemerintah dalam mencegah penyebaran covid-19 juga nantinya menjadi vaksinasi kekebalan tubuh agar semakin kuat untuk menghadapi Covid-19.

“Walaupun demikian saya berharap kepada seluruh masyarakat agar tetap menerapkan protokol kesehatan dengan baik dalam kehidupan sehari-hari. Target kita pada pelaksanaan kegiatan vaksinasi ini sebanyak 1006 orang, mudah-mudahan berjalan dengan aman dan lancar sesuai dengan target,” harap Walikota.

Walikota juga berharap kepada peserta vaksin, dengan berjalannya proses vaksinasi hingga selesai agar dapat mematuhi aturan khususnya Prokes sesuai tata tertib yang sudah diatur sedemikian rupa oleh tenaga medis dari Dinas Kesehatan Kota Padangsidimpuan.

Read More

“Kegiatan seperti ini harus kita lanjutkan dan manakala vaksinnya dapat kita sediakan, akan kita lakukan kembali beberapa hari ke depan agar seluruh masyarakat Kota Padangsidimpuan dapat tervaksin sehingga penyebaran covid-19 dapat terputus,” tandas Ketua TGPP Covid-19 Kota Padangsidimpuan, Irsan.

Ia juga menghimbau kepada warga yang belum tervaksin untuk mempersiapkan diri, sebab sasaran berikutnya adalah kelompok masyarakat yang belum mendapatkan vaksin dan saat ini sedang berupaya melalui Satgas Covid-19 Propinsi Sumatera Utara untuk mendapatkan kuota vaksin yang lebih banyak lagi.

“Sehingga persentase vaksinasi di Kota Padangsidimpuan bisa semakin meningkat menuju masyarakat Kota Padangsidimpuan yang sehat,” pungkasnya.

Pantauan Warta Mandailing, kegiatan vaksinasi massal itu tampak dihadiri Wakil Walikota, Arwin Siregar dan segenap Forkopimda Kota Padangsidimpuan serta tampak juga dihadiri Komandan Batalyon C Brimobdasu Kompol Buala Zega, SH. MH serta Kapolres Tapsel AKBP Roman Smaradhana Elhaj SH, SIK, MH dan sejumlah kepala OPD, Camat dan personil lainnya.

Usai divaksin, salah seorang peserta tergolong lansia mengatakan, sebagai masyarakat Kota Padangsidimpuan sangat berterimakasih dan mengapresiasi Pemko Padangsidimpuan yang telah bersusah payah untuk melaksanakan kegiatan vaksinasi massal terlebih kepada para lansia yang ada di Kota Padangsidimpuan.

“Terima kasih saya ucapkan kepada Pemko, saya juga telah ikut serta vaksinasi, semoga semua masyarakat tidak merasa takut lagi mengikuti vaksinasi dan diharapkan pada vaksinasi tahap berikutnya dapat segera dilaksanakan,” ucap Raja Harahap.(Nas)

Related posts