WALIKOTA: ” KPOTI Secara Kelembagaan Terbentuk di Padangsidimpuan adalah Suatu Komitmen dan Harga Mati”

Sumber Foto: Prokopim Kota Padangsidimpuan

WARTAMANDAILING.COM, Padangsidimpuan – Bertempat di Kebun Batang Bahal, Kecamatan Padangsidimpuan Batunadua, Sabtu (16/10/2021), Walikota Padangsidimpuan, Irsan Efendi Nasution, SH hadiri pelatihan pembentukan pangkalan olahraga tradisional dan festival permainan rakyat dan olahraga tradisional yang dilaksanakan selama tiga hari, 15 sd 17 Oktober 2021.

Dalam pidatonya, Walikota menyampaikan, atas nama pemerintah mengucapkan terima kasih kepada Dirjen Kebudayaan yang telah menjadikan Padangsidimpuan sebagai salah satu Lotus permainan dan olahraga tradisional.

“Sesungguhnya agenda besar ini relevan dengan visi-misi Pemerintah Kota (Pemko) Padangsidimpuan yang salah satunya berupaya untuk pelestarian adat budaya dan kearifan lokal,” tuturnya.

Dikatakannya, Komite Permainan Rakyat dan Olahraga Tradisional Indonesia (KPOTI) secara kelembagaan terbentuk di Padangsidimpuan adalah suatu komitmen dan harga mati.

Sebab, lanjut Walikota, sudah menjadi kegelisahan bersama ditengah-tengah pesatnya kemajuan teknologi untuk menjaga anak generasi muda dari ketergantungan permainan dengan menggunakan smartphone dan platform media lainnya.

“Penting ada kesadaran bersama, bahwa kita ada pada fase yang merisaukan. Apa yang digagas Dirjen kebudayaan dengan pelestarian permainan dan olahraga tradisional adalah suatu program yang layak dan patut untuk kita dukung dan sosialisasikan secara bersama-sama,” tambahnya.

Padahal, kata Walikota mengakhiri, masih banyak sesungguhnya permainan tradisional yang sangat menghibur dan dapat menjadi ajang interaksi antar anak untuk saling bersosialisasi.

Read More

Hadir dalam acara tersebut, mewakili Dirjen Kebudayaan, Ketua KPOTI Sumut, Ketua KPOTI Padangsidimpuan, Kepada Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara cabang Sidimpuan, Kadis Kominfo Kota Padangsidimpuan, Kadispora dan Pariwisata Kota Padangsidimpuan dan Ketua Apdesi Kota Padangsidimpuan. (r)

Related posts