BENTUK Formatur Kepengurusan, PPP Madina akan Gelar Muscab V

FOTO: ISTIMEWA

WARTAMANDAILING.COM, Mandailing Natal – Dijadwalkan pada hari Senin, 18 Oktober 2021, Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Kabupaten Mandailing Natal (Madina) akan melaksanakan Musyawarah Cabang (Muscab) V yang akan digelar di Aula Hotel Rindang Panyabungan.

Muscab tersebut adalah sebagai bentuk perhelatan akbar partai ditingkat kabupaten, dan sebagai ajang dalam menentukan program-program partai serta memilih formatur untuk menyusun kepengurusan PPP Madina dalam 5 tahun kedepan.

Rencananya kegiatan Muscab tersebut akan diikuti oleh pengurus Pimpinan Anak Cabang (PAC) PPP se-Kabupaten Madina yang berjumlah 23 anak cabang. Kemudian diikuti pengurus DPC PPP Madina serta dihadiri pengurus DPP dan DPW PPP.

“Insya Allah, Muscab nanti akan hadir dari DPP dan juga ketua dan sekretaris DPW Sumut beserta jajaran,” ujar Ahmad Subuki saat ditemui di kantor DPC PPP Madina, Jumat (15/10/2021).

Di sela-sela kesibukannya mempersiapkan acara Muscab nantinya, ia menyebut, kegiatan Muscab juga dirangkai dengan pemberian santunan kepada anak yatim, yang akan diserahkan pada acara pembukaan Muscab.

Nah, ketika disinggung siapa yang akan dipilih untuk menakhodai PPP Madina untuk 5 tahun kedepan, Subuki menjelaskan, terkait hal itu, sistem Muscab kali ini tidak memilih ketua, namun menetapkan formatur, yakni tujuh orang formatur terdiri dari satu orang dari DPP, DPW, DPC, dan empat orang dari PAC.

“Namun yang dipilih oleh peserta hanya calon formatur yang dari DPC dan PAC saja. Sementara dari DPP dan DPW tidak dipilih, karena merupakan mandat dari ketua DPP dan DPW,” sambungnya.

Read More

Lalu, mengenai calon formatur yang akan diusung dari DPC dan yang digadang-gadangkan untuk memimpin DPC PPP Madina nantinya, Subuki memberikan sedikit bocoran dari info yang beredar di kalangan pengurus PAC, nama yang santer disebutkan ialah M. Irwansyah lubis, SH yang saat ini menjabat Sekretaris DPC PPP Madina.

“Namun untuk penentuan ketua DPC itu, nanti akan ditentukan kemudian oleh rapat formatu,” pungkasnya.

Terpisah, Sekretaris DPC PPP Madina, M.Irwansyah Lubis, SH.Ketika dikonfirmasi terkait informasi atas dukungan PAC terhadap dirinya untuk menakhodai partai berlambang Ka’bah itu kedepan, ia menyambut baik kabar itu.

“Jika memang PAC-PAC memberikan dukungan ke saya, tentunya saya mengucapkan banyak terima kasih, namun sedikit saya jelaskan bahwa Muscab kali ini tidak memilih ketua tapi hanya menetapkan formatur terpilih, yang menyusun dan memilih Ketua dan kepengurusannya adalah rapat formatur tersebut, sesuai mekanisme, kita serahkan kewenangan itu pada rapat formatur nantinya,” papar mantan anggota DPRD Madina itu.

Ia berharap dukungan dan doa agar pelaksanaan Muscab kelima itu berjalan dengan baik, sukses dan lancar sehingga menghasilkan program partai dan kepemimpinan yang akan membawa PPP Madina lebih baik nantinya.

“Harapan kedepan, kepengurusan baru juga agar dapat mengembalikan lagi kejayaan PPP yang terdahulu. Madina sebagai serambi Mekkah nya Sumut, negeri pesantren dan masyarakat yang agamis, yang dulunya adalah lumbung suara PPP bahkan menjadi partai pemenang pemilu dengan 9 kursi pada pemilu 1999,” lanjut Irwan Lubis.

“Upaya itu bukanlah pekerjaan mudah, tapi setidaknya PPP di tahun 2024 nanti, harus kembali memperoleh fraksi penuh di DPRD Madina, agar dapat lebih optimal bekerja dalam melaksanakan visi dan misi keummatan partai di Madina,” pungkasnya.

Terpisah, Ketua DPC PPP Madina, H.M Dahler Nasution saat di konfirmasi, senada dengan apa yang dikatakan Ahmad Subuki. Ia membenarkan tentang pelaksanaan Muscab V PPP Madina itu.

“Insya Allah akan dihadiri dari DPP, DPW dan peserta dari DPC dan PAC, begitu juga dengan para undangan lainnya,” tutup Dahler singkat. (r)

Related posts