Menu
Warta Mandailing

Pemukulan Gong Tandai Dimulainya Musrenbang Kabupaten Padang Lawas Tahun 2022

  • Bagikan
Plt Bupati Padang Lawas, drg. H. Ahmad Zarnawi Pasaribu, CHt, MM, M.Si memukul gong tanda dimulainya Musrenbang RKPD (Dokumentasi)

WARTAMANDAILING.COM, Padang lawas – Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Padang Lawas (Palas), Triyanta HK selaku Ketua Panitia Penyelenggaraan Musyarawah Perencanaan Pembangunan (Musrebang) RKPD Kabupaten Padang Lawas melaporkan bahwa pelaksanaan Musrenbang Kabupaten merupakan tahapan lanjutan dari proses pelaksanaan Musrenbang Desa yang dilaksanakan pada awal Bulan Januari dan pelaksanaan Musrenbang Kecamatan Gabungan yang dilaksanakan di lima kecamatan pada Tanggal 31 Januari sampai 8 Februari 2022 serta Forum Perangkat Daerah Tanggal 24 Februari 2022.

Pelaksanaan Musrenbang ini dimaksudkan untuk mendapatkan masukan dari para pemangku kepentingan dalam rangka penyempurnaan Rancangan RKPD Kabupaten Padang Lawas Tahun 2023.

Melalui forum ini diharapkan dapat menyepakati beberapa-hal diantaranya, isu strategis permasalahan pembangunan, tema pembangunan dan prioritas pembangunan, ucapnya pada pembukaan Musrenbang Kabupaten Padang Lawas, di Aula Hotel Al-Marwah Sibuhuan, Rabu (23/03/2022).

Pada acara yang sama Gubernur Sumatera Utara dalam arahan dan sambutannya yang dibacakan oleh Sekretaris Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Provinsi Sumatera Utara Jubir Harahap, S.Sos, M.AP, besarnya skala dan cakupan pembangunan daerah tentunya membutuhkan sinergitas, integrasi dan koordinasi antar pemangku kepentingan, sinergi perencanaan pembangunan provinsi dan kabupaten/kota perlu ditingkatkan melalui sinkronisasi dan kolaborasi dalam bentuk kerjasama perencanaan pembangunan, hal ini dimaksudkan untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi penggunaan sumberdaya dalam pembangunan

“Saya berharap bahwa pelaksanaan Musrenbang RKPD ini dapat meningkatkan esensi peran publik dalam mendiskusikan berbagai hal yang sangat penting untuk perencanaan kedepan yang lebih baik,” pintanya.

“Selamat melaksanakan musrenbang, prioritas pembangunan dan program prioritas yang akan dilaksanakan Pemerintah Kabupaten Palas, semoga sejalan dengan visi “Sumatera Utara yang maju, aman, dan bermartabat”, dengan lima misi yaitu :

“Mewujudkan Masyarakat Sumatera Utara yang bermartabat dalam kehidupan, bermartabat dalam politik, bermartabat dalam pendidikan, bermartabat dalam pergaulan dan bermartabat dalam lingkungan, dengan Strategi Utama ‘Membangun Desa Menata Kota’,” pungkasnya.

Plt. Bupati Padang Lawas drg. H. Ahmad Zarnawi Pasaribu, CHt, MM, M.Si menyampaikan bahwa Pelaksanaan Musrenbang merupakan Amanah dari Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 Tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional (SPPN) Dan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 86 Tahun 2017 Tentang Tata Cara Perencanaan, Pengendalian Dan Evaluasi Pembangunan Daerah.

Musrenbang pada tahun ini memiliki makna yang sangat penting, karena merupakan Penjabaran Tahun ke-4 dari RPJMD Kabupaten Padang Lawas Periode 2020-2024.

Mengacu pada isu strategis dan RPJMD Kabupaten Padang Lawas Tahun 2020-2024 maka Tema Pembangunan Tahun 2023 yang diusung Pemerintah Kabupaten Padang Lawas adalah “Percepatan pembangunan ekonomi dan sosial masyarakat dalam pencapainan kabupaten pdang lawas yang bercahaya”.

“Oleh karena itu, dalam proses menyusun RKPD Tahun 2023 ini, saya minta semua pimpinan dan aparatur di perangkat daerah serta seluruh stakeholder untuk berpikiran terbuka, memiliki visi kedepan, terintegratif dan inovatif, mampu mengintegrasikan pembangunan lintas sektor secara terukur. sehingga penyelenggaraan pembangunan pada tahun 2023 akan lebih terarah, terukur,” ujar Zarnawi.

Turut hadir pada kegiatan ini Ketua DPRD, Wakapolres, Kajari Padang Lawas, Pabung 0121 TS, Sekretaris Daerah Kabupaten Padang, Para Asisten, Staf Ahli Bupati, Inspektur, Kepala Badan, Dinas, Kantor dan Camat se Kabupaten Padang Lawas dan Para Pimpinan Instansi Vertikal Kabupaten Padang Lawas. (MEP)

  • Bagikan