Menu
Warta Mandailing

Tangis Haru Keluarga Warnai Keberangkatan 258 Jemaah Haji Asal Madina

  • Bagikan
Pelepasan keberangkatan Calon Jemaah Haji asal Kabupaten Madina (foto: Syahren)

WARTAMANDAILING.COM, Mandailing Natal – Pelepasan keberangkatan 258 Calon Jemaah Haji (CJH) gelombang pertama asal Kabupaten Mandailing Natal (Madina) diwarnai tangis haru keluarga.

Keberangkatan CJH asal Kabupaten Madina ini dipusatkan di pelataran Mesjid Agung Nur Alan Nur, Panyabungan, Kamis (9/6/2022). Prosesi pemberangkatan dipimpin langsung oleh Bupati Madina, H. M. Ja’far Sukhairi Nasution dan Wakil Bupati, Atika Azmi Utammi Nasution.

Ribuan keluarga tampak memadati pelataran Mesjid yang datang dari segala penjuru, mereka rela berdesakan sejak siang hingga jelang sore untuk mendoakan dan melepas keberangkatan CJH menuju Baitullah.

“Suasananya berbeda, ada kerinduan yang mendalam saat keberangkatan jemaah haji tahun ini,” ujar salah satu keluarga jemaah.

Menurutnya, keberangkatan jemaah haji kloter pertama asal Madina pada musim haji tahun 2022 kali ini terbilang istimewa. Setelah dua tahun terakhir, keberangkatan jemaah haji dari wilayah kabupaten Madina begitu juga dari tanah air, ditunda karena pandemi.

“Antusias warga luar biasa menyaksikan jemaah yang berangkat ke tanah suci, rasa haru menyelimuti dengan kepergian jemaah haji kloter pertama kita,” ungkap Dewi.

Bupati Madina H. M. Ja’far Sukhairi Nasution pada kesempatan itu berpesan kepada ratusan CJH yang akan segera berangkat ke tanah suci agar menjaga kesehatan selama menjalankan ibadah haji.

“Bapak ibu calon jemaah haji, pesan saya jaga kesehatan selama menjalankan ibadah di tanah suci, semoga selamat sampai tujuan dan menjadi haji yang mabrur, amin,” ucapnya.

Bupati juga berharap kepada jemaah haji agar mendokan keselamatan serta kemajuan daerah kabupaten Madina menjadi lebih baik kedepan.

“Setibanya bapak ibu ditanah suci, jangan lupa berdoa untuk kami disini, khususnya untuk kemajuan daerah kita kedepan yang lebih baik,” tutupnya.

Diketahui, sebelumnya ratusan calon jemaah haji asal Madina sudah melakukan pemeriksaan kesehatan termasuk pencegahan covid 19.

Selama perjalanan ritual suci tersebut, ratusan tamu allah ini di dampingi empat petugas yang terdiri dari tiga petugas medis dan satu pembimbing haji.

Pantauan awak media Bupati dan Wakil Bupati Madina melepas secara langsung jemaah haji yang akan menuju kota medan. Setiba di kota medan, CJH akan menginap semalam di asrama haji, selanjutnya akan bertolak esok hari ke Baitullah. (Syahren)

  • Bagikan