Peduli Lingkungan, Personil Polsek Bersama Muspika Kotanopan Gelar Gotong Royong

Personil Polsek Kotanopan bekerjasama dengan Personil Koramil 014 Kotanopan dan pegawai Kantor Camat Kotanopan, melakukan kegiatan Gotong royong peduli lingkungan, kamis (13/7/2023) fhoto : Warta Mandailing.
Personil Polsek Kotanopan bekerjasama dengan Personil Koramil 014 Kotanopan dan pegawai Kantor Camat Kotanopan, melakukan kegiatan Gotong royong peduli lingkungan, kamis (13/7/2023) fhoto : Warta Mandailing.

WARTAMANDAILING.COM, Mandailing Natal – Personil Polsek Kotanopan bekerjasama dengan Personil Koramil 014 Kotanopan dan pegawai Kantor Camat Kotanopan, melakukan kegiatan peduli lingkungan dengan mengangkut sampah masyarakat yang menumpuk di sekitar Jalan Lingkar dalam Kelurahan Pasar Kotanopan Kabupaten Mandailing Natal, Kamis (13/07/2023).

Kegiatan pembersihan sampah secara bersama-sama itu langsung dipandu Kapolsek Kotanopan Iptu Parsaulian Ritonga bersama Danramil 014 Kotanopan Letda Inf. Anton Sabarani serta Camat Kotanopan Pangeran Hidayat dan Lurah Kotanopan M.Arjun Nasution.

Sampah yang menumpuk di lingkungan Pasar Kotanopan merupakan sampah pasar dan masyarakat. Selama ini keberadaan sampah yang terkadang berhari- hari tidak di angkut ini membuat warga sekitar Pasar Kotanopan dan masyarakat yang melintas merasa keberatan karena mengeluarkan bau tidak sedap.

Warga sekitar Pasar Kotanopan berharap agar bak penampung sampah yang ada sekarang di pindahkan ke tempat lain. Mereka khawatir apabila sampah ini berlama lama tidak di angkat akan menimbulkan penyakit. Pasalnya, selain mengeluarkan bau buduk, sampah ini juga di hinggapi lalat dan sejumlah ulat.

Hasil pantauan di lapangan tumpukan sampah tersebut langsung dibersihkan dan diangkat personil Polsek Kotanopan di bantu anggota Koramil dan pegawai kantor Camat. Sampah itu langsung di angkat dengan menggunakan Dump Truk untuk di bawa ke tempat pembuangan akhir sampah di sekitar Panyabungan .

Kapolsek Kotanopan Iptu Parsaulian Ritonga menyampaikan, kegiatan pembersihan sampah ini dilaksanakan bersama Forkopincam Kotanopan dan sesuai dengan perintah Bapak Kapoldasu melalui surat telegram nomor ; 581.VII/REN; 2023 tertanggal 12 Juli 2023 tentang kegiatan peduli lingkungan.

Adapun titik pengangkatan sampah ini menurut Kapolsek berada di jalan lingkar dalam Pasar Kotanopan. “ Lokasi ini tumpukan sampah berada di tempat padat penduduk dan selama ini sering di keluhkan masyarakat. Sedangkan thema kegiatan ini adalah pembersihan sampah secara bersama sama.”ucapnya.

Read More

Parsaulian juga berterimakasih kepada Danramil 14 Kotanopan dan Camat Kotanopan yang telah mendukung kegiatan gotong royong ini dan berharap sinergitas antara Polri dengan Forkopincam lainnya tetap terjalin dengan baik.

“Terima kasih kami sampaikan kepada jajaran Foorkopincam Kotanopan yang telah turut serta secara bersama-sama membersihkan Pasar Kotanopan dari tumpukan sampah yang dibuang masyarakat ke Tempat Penampungan Sementara (TPS) untuk diangkut ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) di Panyabungan.”ujarnya.

Sementara Camat Kotanopan Pangeran Hidayat mengatakan, kegiatan peduli lingkungan ini dimotori personil Polsek Kotanopan dengan melibatkan seluruh personil Forkopincam Kotanopan. Diakuinya, keberadaan tumpukan sampah ini memang sering menjadi keluhan masyarakat.

Camat menghimbau masyarakat Kotanopan agar jangan membuang sampah secara sembarangan dan tetap menjaga kebersihan dan lebih peduli terhadap lingkungannya. Terlebih di lokasi Pasar Kotanopan ini karena wilayah ini padat penduduk.

“Terimakasih saya ucapkan kepada personil Polsek, Koramil 014 dan pegawai Kantor Camat Kotanopan atas kepeduliannya dalam permasalahan sampah ini. Semoga langkah maupun gotong royong yang dilakukan hari ini dapat memotivasi warga untuk menjaga kebersihan dan peduli terhadap lingkungannya,” tutur Pangeran Hidayat. (M.Lubis).