Ragam Kegiatan Merayakan HUT-RI Ke-78 di Kecamatan Kotanopan

Jalan protokol dan desa-desa yang ada di Kotanopan sudah mulai dipercantik dengan nuansa dominan warna merah dan putih, Minggu (6/8/2023) fhoto : Warta Mandailing.
Jalan protokol dan desa-desa yang ada di Kotanopan sudah mulai dipercantik dengan nuansa dominan warna merah dan putih, Minggu (6/8/2023) fhoto : Warta Mandailing.

WARTAMANDAILING.COM, Mandailing Natal – Dalam rangka menyemarakkan Hari Ulang Tahun ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia 2023, jajaran pemerintahan Kecamatan Kotanopan, Kabupaten Mandailing Natal bekerjasama dengan berbagai elemen masyarakat menyelenggarakan banyak kegiatan maupun perlombaan melibatkan kalangan pelajar maupun kelompok masyarakat.

Hal ini disampaikan Ketua Pelaksana HUT-RI ke-78 Kotanopan Lokot Husda Lubis kepada Warta Mandailing di Pasar Kotanopan Minggu (06/08/2023). “ Beberapa jenis kegiatan telah kami gelar yang dimulai dari pertandingan sepakbola pelajar tingkat SD dan SLTP/MTs bertempat dilapangan Manja Kelurahan Pasar Kotanopan pada Senin (31/07/2023)- Sabtu (05/08/2023),” katanya.

Pada besok hari atau Senin (07/08/2023) kata Lokot Husda, akan digelar pertandingan bola volly putra-putri untuk pelajar tingkat SLTA/Aliyah berlokasi dilapangan bola volly Singengu, lari 100 meter putra/putri tingkat SD bertempat di Pasar Kotanopan dan lomba mewarnai tingkat TK dengan penanggung jawab Korwil III Kotanopan.

Kemudian pada Selasa (08/08/2023), dilaksanakan kegiatan lomba 100 meter putra/putri untuk tingkat SLTP/MTs dan tingkat SLTA/Aliyah di Pasar Kotanopan, lomba fashion show tingkat SD,SlTP dan SLTA sederajat di Terminal Pasar Kotanopan, lomba menggambar dan menggambar mobil tingkat SD di Terminal Pasar Kotanopan, lomba membongkar, memasang roda dan ban mobil tingkat SLTP serta lomba masak tradisonal PKK di Terminal Pasar Kotanopan.

Untuk Rabu 09/08/20230, pihak panitia HUTRI Ke-78 Kotanopan, akan menggelar lanjutan pertandingan bola volly putra/putri tingkat SLTA/ Aliyah di Singengu, lomba terompah panjang putra/putri tingkat SD di Pasar Kotanopan dan lomba tari kreasi Mandailing Natal tingkat SD dipusatkan di lapangan Terminal Pasar Kotanopan.

Seterusnya pada Kamis 10/08/2023), akan di gelar lomba tari kreasi Mandailing Natal tingkat TK/PAUD dan SLTP/MTs di Terminal Pasar Kotanopan dan egrang puta/putri tingkat SLTP/ MTs di Pasar Kotanopan.Pada Jumat (11/08/2023) akan dilaksanakan kegiatan lomba azan tingkat SD/SLTP/MTs di Terminal Pasar Kotanopan dengan penanggung jawab kegiatan Khoirul Anwar Lubis.

Selanjutnya pada Sabtu (12/08/2023) sampai Minggu (13/08/2023) bertempat di Terminal Pasar Kotanopan akan digelar pagelaran gordang sambilan melibatkan kelompok masyarakat dari berbagai desa di Kotanopan dan tor-tor dalihan natolu mengikutkan kalangan pelajar SLTA/ Aliyah se Kecamatan Kotanopan.

Read More

Sedangkan pada Senin (14/08/2023) hingga Selasa (15/08/2023), panitia pelaksana akan melakukan kegiatan pagelaran drumband tingkat SD, pagelaran gordang sambilan, pagelaran drumband tingkat SLTP/MTs/ SLTA/Aliyah serta hiburan vocal Solo juga bertempat di pentas utama Terminal Pasar Kotanopan.

Untuk Rabu (16/08/2023), akan dilaksanakan pawai sabtu mulai dari lapangan Terminal Pasar Kotanopan – Jalan Sawahan/Sindang Laya – Jalan Keliling Pasar Kotanopan – Jalan Perintis Kemerdekaan dan finish di Lapangan Terminal Pasar Kotanopan serta Renungan Suci berlokasi di TPU Desa Sayurmaincat.

Sedangkan pada Kamis 17/08/20230, akan dilaksanakan kegiatan puncak yakni upacara HUT-RI ke-78 dipusatkan di Lapangan Terminal Pasar Kotanopan. Selain melaksanakan upacara peringatan detik-detik proklamasi kemerdekaan, salah satu agenda utama memperingati HUT-RI di Kotanopan yaitu meletakkan karangan bunga di Tugu Pahlawan yang terdapat di depan terminal Pasar Kotanopan.

“ Acara dilanjutkan dengan pawai yang diawali barisan Paskibraka, drumband,deville, pramuka dan karnaval tingkat TK/PAUD/SD/SLTP/MTs/SLTA/ Aliyah dan umum dengan route Jalan Sawahan/Sindang Laya – Jalan Perintis Kemerdekaan Jambur Tarutung – Jalan Keliling Pasar Kotanopan – Jalan Perintis Kemerdekaan dan finish di Lapangan Terminal Pasar Kotanopan. Juga upacara penurunan bendera serta penyerahan hadiah/malam hiburan dipusatkan di lapangan terminal Pasar Kotanopan, “ lanjutnya.

Dikatakan, kemerdekaan memiliki beberapa makna mendalam, satu diantaranya menumbuhkan rasa saling menghargai dan menghormati. Dengan kemerdekaan yang kita dapatkan, kita harus selalu mengenang kembali perjuangan para pahlawan yang telah berjuang merebut kemerdekaan dari tangan penjajah dan menjaga negeri ini dengan memupuk rasa patriotisme dan jiwa nasionalisme yang tinggi.

“ Tujuan diadakannya lomba 17 Agustus adalah untuk memperingati Hari Kemerdekaan dengan semangat persatuan, kebersamaan dan gotong royong. Melalui kegiatan dan lomba yang digelar, selain bisa membangun percaya diri, manfaat lomba juga bisa memupuk semangat cinta tanah air atau rasa nasionalisme anak sejak dini ,” ujarnya.

Lanjut, kata Lokot peringatan HUT Kemerdekaan RI merupakan peristiwa bersejarah dari bangsa dan untuk memperingatinya semangat kita harus semakin tinggi.Tentunya dari Sabang sampai Merauke seluruh masyarakat Indonesia bersukacita merayakan momen ini.

Peringatan HUT Kemerdekaan RI setiap tahun harus menjadi momentum untuk terus berjuang, menggaungkan kembali semangat berusaha para pejuang. Senantiasa mengukir prestasi, berpartisipasi dan berkreasi dengan lebih baik lagi.

“ Pada momen ini biasanya masyarakat turut menyemarakkannya dengan berbagai kegiatan, seperti upacara bendera dan berbagai perlombaan. Jika kita turut menyemarakkan HUT-RI, berarti kita ikut berpartisipasi positif dalam mengisi Indonesia untuk Kabupaten Mandailing Natal Bersyukur dan Berbenah ,” tuturnya.

Hasil pantauan, untuk menyemarakkan peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan ke-78 Republik Indonesia dengan tema Terus Maju Untuk Indonesia Maju, disepanjang jalan protokol dan desa-desa yang ada di Kotanopan sudah mulai dipercantik dengan nuansa dominan warna merah dan putih sehingga menarik perhatian banyak orang-orang yang melihatnya. (Munir Lubis).