Walikota Pimpin Apel Gelar Pasukan Pengamanan PILKADES Serentak Kota Padangsidimpuan Tahun 2023

WARTAMANDAILING.COM, Padangsidimpuan – Walikota Padangsidimpuan, Irsan Efendi Nasution, SH, MM menjadi inspektur pada apel gelar pasukan pengamanan Pemilihan Kepala Deda (Pilkades) serentak Kota Padangsidimpuan Tahun 2023 di Alaman Bolak Padang Nadimpu, Padangsidimpuan. Jum’at (18/07/2023).

Apel diikuti oleh pasukan pengaman Pilkades Serentak yang terdiri dari TNI, Polri, Satpol PP, Dishub, BPBD, Damkar dan penyelamatan, Cakades dan beberapa pihak lainnya.

Walikota Irsan menyampaikan apel gelar pasukan ini adalah dalam rangka agar Pilkades serentak di Kota Padangsidimpuan dapat berjalan secara demokratis, tertib, aman dan lancar, Sehingga dapat menghasilkan pemimpin yang mendukung program-program dan pembangunan yang ada di desa.

Dikesempatan itu, Walikota Irsan Efendi juga menyampaikan jadwal pelaksanaan pilkades di Kota Padangsidimpuan akan dilaksanakan pada tanggal 24 Agustus 2023 dan berharap berlangsung kondusif.

Oleh karena itu, Walikota Irsan mengatakan akan mengerahkan kekuatan personil dari Polres Padangsidimpuan sebanyak 386 personil, Dari Kodim 0212/TS sebanyak 79 Personil, dari Batalyon 123 Rajawali 50 personil dan Satpol PP sebanyak 140 personil.

Sesuai dengan jadwal tahapan pada tanggal 17 Juli 2023, panitia pemilihan tingkat desa se Kota Padangsidimpuan telah menetapkan keputusan Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang dilaporkan ke Dinas PMD dimana DPT keseluruhan berjumlah 36.070 orang dan jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) sebanyak 99 TPS di seluruh Kota Padangsidimpuan dan pada tanggal 12 Agustus 2023 telah dilakukan pengundian nomor urut calon dan penetapan Cakades disetiap masing-masing desa oleh panitia pemilihan tingkat desa dan sudah ditetapkan Cakades sebanyak 111 calon se Kota Padangsidimpuan.

Walikota Irsan Efendi Nasution juga menjelaskan bahwa pelaksanaan pemilihan kepala desa pada tanggal 24 Agustus 2023 mendatang yang seterusnya dilakukan pemungutan suara dan penetapan calon yang memperoleh suara terbanyak di hari itu juga. Kemudian akan dilaporkan panitia pemilihan tingkat desa ke BPD desa masing-masing dan seterusnya akan dilaporkan ke Walikota melalui camat di tanggal 28 Agustus sampai dengan 1 September 2023.

Read More

Selanjutnya, calon kepala desa terpilih akan ditetapkan pada tanggal 8 september 2023 yang selanjutnya pelantikan dan penerbitan SK pengangkatan dan pengesahan kepala desa terpilih dilaksanakan di tanggal 5 Desember 2023.

Turut hadir, Wakil Walikota Padangsidimpuan, Kapolres Padangsidimpuan, Dandim 0212/TS, Danyon 123 Rajawali, Para asisten, Kepala OPD dan camat. (r)

Related posts