Kantor Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Tapanuli Selatan (BKD Tapsel)

WARTAMANDAILING.COM, Tapanuli Selatan – Merasa gerah dan terusik atas pemberitaan Warta Mandailing, Kepala BKD Tapsel, Suaib Harianja gertak narasumber yakni aktifis LSM Tipikor Iccan Pane dengan cara akan melaporkan ke pihak aparat hukum. “Bagus kali beritamu, kalau memang begitu pemberitaannya aku tidak terima, aku akan laporkan kalian ke polisi, karena pemberitaan itu tidak benar“. Hal itu disampaikannya via telepon, pada Senin malam 20 April 2020.

Menurut Suaib, dalam pembicaraan via telepon itu, Ia membantah bahwa dugaan kekayaan yang dimilikinya bukan dari korupsi atau dari hasil pengelolaan anggaran APBD selama ini, diakuinya rumah yang diperolehnya yang ada di Sikoring-koring Kecamatan Batunadua Kota Padangsidimpuan itu adalah hasil dari penjualan tanah miliknya kepada pihak perusahaan PLTA yang ada di Kacamatan Marancar pada tahun 2016 lalu.

“Kemudian untuk realisasi anggaran kegiatan selama tahun 2019 yang bersumber dari APBD sama sekali tidak ada diselewengkan atau tidak ada yang menyimpang,” kata Suaib dengan tegas.

Menyikapi komentar Kepala BKD Tapsel, aktivis LSM Tipikor, Iccan Pane mengatakan, silahkan saja Dia (Suaib) melapor kemanapun, apa yang kita lakukan sebagai LSM adalah tugas kita untuk mengkawal keuangan negara yang dikelola oleh aparatur negara.

“Kita punya hak untuk melakukan sosial kontrol terhadap pengelolaan keuangan negara dan sekaligus menyampaikan pertanyaan kemana saja realisasi anggaran tersebut,” kata Iccan kepada Warta Mandailing, Selasa (21/4/2020).

Dikatakan Iccan, ada beberapa hal kegiatan tahun 2019 yang telah dipertanyakan kepada Suaib selaku Kuasa Pengguna Anggaran (KPA), namun Suaib tidak pernah secara transparan menjelaskannya.

“Jawaban Suaib selama ini menimbulkan keraguan dan kebimbangan tentang harta yang diperolehnya selama menjadi Kepala BKD,” ujar Iccan.