Menuju New Normal, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Nasional Kunjungi Pemko Padangsidimpuan

(Foto: Dokumentasi Humas Pemko)

WARTAMANDAILING.COM, Padangsidimpuan – Pemerintah Kota Padangsidimpuan menerima kunjungan kerja Mayor Jenderal (Purn) Darlan Harahap selaku LO (Liaison Officer) Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Nasional ke Kota Padangsidimpuan.

Dalam kunjungan silaturahmi tersebut, Walikota Padangsidimpuan, Irsan Efendi menyampaikan, perkembangan terakhir dua hari yang lalu dari gugus tugas pusat sudah menetapkan 15 Kabupaten Kota di Sumatera Utara yang sudah diperkenankan melakukan kegiatan produktif.

“Di kawasan Tapanuli Bagian Selatan (Tabagsel) sendiri minus Kota Padangsidimpuan, (Tapsel, Palas, Paluta, Madina) dari keputusan tersebut telah diperkenankan, sedangkan kota Padangsidimpuan masih menjadi pusat rujukan di Tabagsel bilamana ada kasus COVID-19 di Kawasan Tabagsel ditambah Sibolga plus Tapanuli Tengah,” sebut Irsan, Selasa (02/6/2020).

“Informasi yang kami dapatkan, Padangsidimpuan sedang dipersiapkan untuk New Normal, dan data-data itu sedang dipersiapkan gugus tugas kota Padangsidimpuan, tapi kapan itu dilakukan kita masih menunggu petunjuk dari gugus tugas pusat”, tambahnya.

Selain itu, Walikota juga melaporkan kepada LO Gugus Tugas Pusat, langkah-langkah yang sudah dilaksanakan Gugus Tugas Kota Padangsidimpuan termasuk melakukan penyemprotan di seluruh wilayah kota Padangsidimpuan.

Begitu juga disampaikan Dandim 0212 TS Lekol Inf Akbar Nofrizal, dalam rangka penanganannya, Pemko Padangsidimpuan juga telah melakukan Poskam Covid -19 yakni melaksanakan pemeriksaan terhadap pengguna jalan baik hanya sekedar lewat ataupun yang akan pulang ke Kota Padangsidimpuan.

“TNI dalam hal ini yakni Kodim juga melakukan pendampingan dalam pendistribusian Jaring Pengamanan Sosial sampai sekarang tetap kita laksanakan hingga pencanangan new normal nantinya,” ucap Dandim.

Read More

Bahkan dalam kesempatan tersebut, Wakapolres Padangsidimpuan M Dalimunthe, juga menyampaikan laporannya dari Polres Padangsidimpuan. Polres padangsidimpuan sendiri tidak akan bosan, dan akan terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat meskipun sebagian masyarakat tidak mau mendengar lagi tentang bahaya virus korona tersebut.

“Bila kita lihat perkembangan dari hari ke hari dimana daerah lain juga masih ada peningkatan kasus, untuk itu kita tidak boleh lengah dan kendor untuk mengingatkan kepada masyarakat hingga nanti kota Padangsidimpuan ditetapkan New Normal seperti yang disampaikan Presiden Jokowi”, ucap Wakapolres.

(Foto: Dokumentasi Humas Pemko)

Mengenai kunjungannya, Mayjen (Purn) Darlan Harahap, selaku LO Gugus Tugas Pusat menyebut tujuan kedatangannya yakni melihat sudah sejauhmana percepatan penanganan Covid-19 yang dilakukan Tim Gugus, baik di Tingkat Provinsi dan Kabupaten/Kota. Apakah program yang dijalankan Gugus Tugas Pusat itu sejalan dengan yang dilaksanakan Gugus Tugas di Daerah.

“Kita mengharapkan gugus tugas bisa sejalan karena kalau tidak sejalan tujuannya tidak akan tercapai. Yang kami lihat, dari data gugus tugas propinsi hasil perkembangan percepatan penanganan di Kota Padangsidimpuan kami nilai sudah dapat tertangani dengan baik”, ucap Darlan yang merupakan putra kelahiran Hutaimbaru, Kota Padangsidimpuan.

Setelah mendapat penjelasan dari Walikota Padangsidimpuan, Mayjen (Purn) Darlan Harahap sudah mengetahui, sebetulnya penanganan yang dilakukan sudah terlaksana dengan baik. Ditambah lagi penanganannya dilakukan secara terpadu melibatkan Forkopimda dan sama-sama mengambil peran, hal seperti itulah yang diharapkannya. (r/irpan)

Related posts