Masyarakat Kota Padangsidimpuan saat menerima BST di Kantor Pos Padangsidimpuan (foto: Warta Mandailing)

WARTAMANDAILING.COM, Padangsidimpuan – PT. Pos Indonesia Unit Kota Padangsidimpuan telah menyalurkan Bantuan Sosial Tunai (BST) untuk wilayah Tapanuli Bagian Selatan (Tabagsel). Demikian disampaikan Ketua Satuan Tugas (Satgas) BST, Khoirul Auliya Lubis dikantornya Jalan Merdeka pada Jumat (15/5/2020).

Menurut Khoirul, dana BST tersebut disalurkan untuk wilayah Tabagsel yakni untuk Kota Padangsidimpuan penerima BST sebanyak 4.706 orang untuk enam kecamatan dan untuk keseluruhannya sebanyak 5.558 orang, Kabupaten Tapsel masih dalam proses penyaluran sebanyak 14.843 orang, Kabupaten Paluta sebanyak 9.744 orang (proses penyaluran), Kabupaten Padang Lawas sebanyak 9.658 orang (proses penyaluran), dan Kabupaten Madina sebanyak 29.857 orang (proses penyaluran).

Penyaluran dana BST, masyarakat ataupun peserta penerima harus sesuai dengan data KK yang dibawa oleh peserta dan kalaupun tidak dapat hadir yang bersangkutan akan dapat diwakili ahli waris dengan membawa identitas E-KTP sesuai dengan KK dan data yang ada.

Menurutnya lagi, pada kesempatan ini pihak kantor pos hanya bertugas untuk menyalurkan dana BST sesuai SOP yang telah ditetapkan kantor pos pusat dengan Kemensos melalui data yang diberikan oleh Kemensos dimaksud.

“Yang pastinya kita tidak mengetahui data tersebut kapan dilaksanakan pendataan. Tugas kita hanya menyalurkan, persoalan masyarakat yang tidak terdata bukan menjadi bagian dari tugas kita,” ujar Khoirul.

“Dalam hal ini kami sebagai karyawan PT. Pos bekerja keras untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat,” sambungnya.

Dikatakan Khoirul, walaupun peserta penerima BST belum juga datang untuk mengambilnya karena mungkin ada halangan dapat diambil pada barkot periode mendatang dan hingga sampai semuanya tersalur.

“Bila pun pada akhirnya masih tersisa dan belum tersalur karena sesuatu halangan akan dikembalikan ke pusat (Kemensos),” pungkas Khoirul.(in)