Atika: “Saya Menantang Siapa Saja dari Masyarakat Madina yang Mampu Membuat Besek Seperti Dalam Foto Ini”

Wakil Bupati Madina, Atika Azmi Utammi menantang pelaku UMKM yang mampu membuat kerajinan tangan Besek Bambu (foto: Istimewa)

WARTAMANDAILING.COM, Mandailing Natal – Wakil Bupati Mandailing Natal (Madina), Atika Azmi Utammi melalui fanpage facebook atau halaman khusus resmi miliknya menantang pengrajin atau pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di wilayah Kabupaten Madina yang mampu membuat kerajinan tangan berupa Besek bambu.

Besek bambu adalah salah satu kerajinan tangan yang terbuat dari anyaman bambu bertutup yang bentuknya segi empat. Besek bambu merupakan wadah yang terbuat dari anyaman bambu, yang ramah akan lingkungan. Besek sudah dikenal oleh masyarakat nusantara sejak dahulu kala dan kerap digunakan sebagai wadah nasi, lauk pauk, makanan ringan serta oleh-oleh khas suatu daerah.

Berikut postingan fanpage Atika Azmi Utammi yang dikutip Warta Mandailing, Jumat (5/11/2021) dengan menyebut, ‘Sebagai bentuk dukungan kepada pelaku UMKM di Mandailing Natal, Saya menantang siapa saja dari masyarakat Madina yang mampu membuat besek seperti dalam foto ini‘.

“Tentu harganya harus terjangkau. Nanti akan saya beli dalam partai besar, Besek itu nantinya akan digunakan untuk tempat oleh-oleh khas Madina, misal kopi Mandailing, gula semut, dodol, dan kipang,” tulis Wakil Bupati termuda itu.

“Meskipun masih skala kecil, saya yakin pembuatan besek ini akan memberikan peluang rezeki bagi masyarakat Madina. Baik itu pengerajin maupun penyedia bambu. Selain untuk mendukung UMKM, ini juga bagian dari upaya kecil kita dalam menjaga lingkungan,” tulisnya lagi.

Nah, bagi pelaku UMKM atau pengrajin di area Madina, jika ada yang tertarik atau tertantang hasil karyanya membuat besek, silakan menghubungi Wakil Bupati Madina dengan cara mentag (menandai) akun fanpage Atika Azmi Utammi dan bukan melalui inbox atau pesan.

“Ingat ya !, ini untuk UMKM bukan pengusaha besar. Saya juga mengajak masyarakat Madina agar bahu-membahu dalam menggerakkan ekonomi di tengah-tengah situasi pandemi saat ini,” tulisnya mengakhiri.

Read More

Tidak sedikit netizen menanggapi dan merespon atas postingan Wakil Bupati (Wabup) Madina itu, berbagai komentar positif disebutkan didalamnya. Diantaranya:

“Inilah salah satu solusi untuk meningkatkan pendapatan masyarakat bahan mentahnya melimpah ruah di lingkungan kita, tinggal pembinaan agar kualitasnya bermutu, terus berjuang Bu wabub,” tulis akun facebook Khollad Daulay.

“Alhamdulillah, sangat kami apresiasi bu, semoga terobosan yang ibu lakukan dapat memotifasi masyarakat khusus pelaku UMKM di Madina,
Kami Lembaga Barisan Muda Wira Usaha Indonesia (LBM WI) Sumut siap untuk bekerja sama dan berkalaborasi guna memajukan UMKM di Mandailing Natal,” tulis Muhiddin Anwar.

“Saya terima tantangannya Bu Wakil. Mohon doanya agar lekas saya bawa,” tulis Jujur Mangolu Moop Sudena. (Syahren)

Related posts