Kepala SDN 1108 Hadungdung: “Pokok Sawit Sangat Membantu Pembenahan Fasilitas & Guru Sekolah”

  • Bagikan
Kepala SD Negeri 1108 Hadungdung, Sarmadan Harahap, S.Pd [foto: Amrin Simanjuntak]

WARTAMANDAILING.COM, Padang Lawas
Sudah beberapa kali hasil dari limapuluh pokok buah sawit yang ada di pekarangan sekolah berhasil dipanen dan sangat membantu sebahagian dana bagi murid untuk acara-acara tertentu.

Hal ini disampaikan Kepala Sekolah Dasar Negeri (SDN) 1108 Desa Hadungdung, Kecamatan Aek Nabara, Kabupaten Padang Lawas (Palas), Sarmadan Harahap, S.Pd didampingi salah seorang guru Nurhasuma Siregar, A.Ma di ruang kerjanya pada Selasa (9/8/2022).

Menurut Sarmadan, pokok sawit yang berada di pekarangan sekolah tersebut sangat membantu walau hanya 50 batang untuk mengantisipasi pengukuran yang tidak terduga. Misalnya untuk acara perpisahan bagi murid yang tamat pastinya membutuhkan dana dan kegiatan lainnya.

“Namun karena keterbatasan anggaran dari pemerintah untuk melakukan pemagaran sehingga sering dicuri orang, kemudian penjaga sekolah pun tidak ada. Buah sawit itu dipanen pencuri saat sudah pulang sekolah dan saat musim libur,” terang Sarmadan.

Kata dia, sekolah ini membutuhkan pembenahan berbagai fasilitas, yakni Ruang kelas baru (RKB) dibutuhkan 7 ruangan lagi, yakni Ruang kelas, ruang guru, ruang perpustakaan, lapangan beberapa cabang olah raga. Kemudian perlunya penambahan tenaga pengajar (guru) terutama guru agama Islam, Kristen dan guru Penjas.

Sarmadan menuturkan lagi, tenaga pengajar saat ini sebanyak 12 orang, 4 orang honorer,8 orang ASN. Diberdayakan untuk 10 Rombongan Belajar (Rombel). Untuk lebih efesien nya sebaiknya harus ada 15 orang tenaga pengajar. Jumlah murid saat ini sebanyak 220 orang, setiap tahunnya pada PPDB terus meningkat.

“Saya sudah lama mengabdi di sekolah ini, mulai dari guru honor tahun 2003 diangkat jadi ASN tahun 2008, tahun 2013 berhasil memperoleh sarjana. Tahun 2014 penyesuaian dan saat ini menjabat sebagai kepala sekolah,” kisahnya mengakhiri. (Rin)

  • Bagikan