Menu
Warta Mandailing

BEGINI Semangat Camat Pakantan Mengajak Warga Masyarakat Desa Silogun di Vaksin

  • Bagikan
Warga desa Silogun mengikuti vaksinasi covid-19 (foto: Syahren)

WARTAMANDAILING.COM, Mandailing Natal – Meski jarak tempuh yang sangat jauh ke desa terpencil sekalipun, tidak menyurutkan semangat Camat Pakantan, Muslih S. Sos untuk mengajak warga Masyarakat mengikuti vaksinansi di Desa Silogun, Kecamatan Pakantan, Kabupaten Mandailing Natal (Madina).

Kecamatan Pakantan memiliki delapan desa, salah satunya Desa Silogun, yang berada jauh di pedalaman. Untuk sampai ke daerah tersebut tidak mudah, sebab akses ke daerah ini belum memadai. Agar masyarakat desa Silogun bisa di vaksin, tentunya Camat dan para Tenaga Kesehatan (Nakes) beserta rombongan harus rela berjalan kaki melewati hutan dengan waktu tempuh satu jam dari desa Limau Manis, Kecamatan Muara Sipongi.

Upaya tersebut dilakukan sebagai bentuk dukungan pemerintah kecamatan Pakantan kepada pemerintah daerah dan pusat melalui vaksinasi dengan capaian target 70 persen.

Untuk itu, Muslih bersama kepala Puskesmas Pakantan terus mendorong pelaksanaan vaksinasi di setiap desa-desa yang ada di Kecamatan Pakantan. Seperti yang diselenggarakan di Desa Silogun, beberapa warganya mengaku memang baru kali ini mengikuti vaksinasi karena mereka jauh di pedalaman. Namun hari ini berkat kerjasama tim, warga sudah mengikuti vaksinasi massal hari ini.

Camat Pakantan mengaku bahwa pelaksanaan vaksinasi di Desa-desa ini sebagai bentuk komitmen pemerintah Kecamatan Pakantan dalam mengejar target vaksinasi.

“Target kita ada delapan desa di wilayah Kecamatan Pakantan, dan kita harus kejar target karena itu merupakan salah satu bentuk komitmen kita dalam menciptakan herd immunity (kekebalan kelompok),” kata Muslih kepada wartawan, Jumat (3/12/2021).

Menurut Muslih, meski harus menghadapi jarak tempuh yang lumayan jauh namun tidak mengurungkan niatnya dalam mencapai target vaksinasi.

“Kita ketahui, jarak tempuh dari pusat Kecamatan ke desa Silogun sangat jauh. Namun ini lah bentuk upaya kita mensukseskan program pemerintah mencapai target vaksinasi. Untuk target vaksinasi di desa Silogun yang kita sukseskan hari ini kurang lebih 65% dari jumlah warga,” ungkap Muslih.

Muslih menghimbau kepada warga desa Silogun agar melakukan vaksin. Mwmurutnya, pentingnya vaksin sebagai salah satu untuk membentuk herd immunity sehingga pencegahan penyebaran covid-19 di kalangan masyarakat bisa terkendali.

“Yang belum melaksanakan vaksin bisa mendatangi lokasi vaksin yang telah disediakan,” ujar Muslih.

Salah seorang warga yang mengaku telah di vaksin mengapresiasi terlaksananya vaksinasi massal di desa tersebut. Ia mengucapkan terima kasih atas upaya para Nakes dan rombongan, terlebih kepada camat, Muslih yang tanpa pamrih menggelar kegiatan vaksinasi di desanya.

“Terima kasih atas perjuangan pak Camat beserta para Nakes yang telah sudi datang ke desa kami ini,” ucap warga tersebut. (Syahren)

  • Bagikan